17/01/09

Rahasia Hidup berkemenangan

Dalam menempuh hidup, manusia kerap kali menghalalkan segala cara. Dorongan menghalalkan segala cara itu dikarenakan manusia ingin bergegas sampai pada tujuan. Terlebih dalam dunia usaha,berbagai metode atau strategi selalu dilakukan. Tidak jarang cara-cara supernatural digunakan.

Banyak orang menggunakan segala cara karena mereka merasa putus asa, tidak memiliki harapan, atau mengalami jalan buntu karena merasa gagal. Akibatnya stres, depresi, dan frustrasi memadati hidup.Hidup itu sendiri merupakan misteri. Karena manusia tidak tahu apa yang akan terjadi di masa datang. Hidup juga berarti perjuangan, peperangan, dan penuh tantangan. Pendeknya, hidup itu merupakan perjalanan yang singkat dan penuh tanda tanya.Kitab 2 Tawarikh 20:1-25, menceritakan keberadaan Raja Yosafat ketika berperang menghadapi bani Moab dan bani Amon. Meskipun ia seorang raja yang besar tetap saja timbul perasaan “takut”. Padahal kalau kita baca dalam pasal-pasal sebelumnya, ia selalu berhasil dalam berperang. Kemenangan dan kemasyhuran lekat pada dirinya. Menang dalam perang menunjukkan bahwa ia ahli strategi, sehingga sebenarnya tidak perlu ragu, khawatir apalagi takut.

PROBLEM SOLVER

Tetapi faktanya, dalam perikop ini, Raja Yosafat memiliki rasa ”takut”. Ayat 3 jelas menyebut: Yosafat menjadi takut, … Kejadian 3:10 menulis sejarah timbulnya rasa takut. Adam dan Hawa merasakan takut yang mula-mula akibat berbuat dosa. Jadi jelaslah bahwa, dosa dapat menyebabkan rasa takut yang timbul dalam hati manusia. Dosa identik dengan Iblis yang membuat manusia menjadi takut, tidak memiliki harapan, khawatir, cemas, putus asa, stres, depresi, dan akhirnya menempuh cara-cara yang tidak sehat seperti bunuh diri. Apakah ini cara terbaik? Tentu tidak!

Ada satu jawaban pasti, bahwa di dalam Tuhan Yesus ada jalan keluar. Rasul Paulus dalam 1 Korintus 10:13 mengingatkan bahwa pencobaan-pencobaan yang kita alami adalah pencobaan-pencobaan biasa. Artinya, bahwa setiap anak-anak Tuhan harus memiliki paradigma baru dalam menghadapi masalah. Jangan berkata, ”Wah ini persoalan sangat berat, aku nggak kuat.” Tapi kita katakan, ”Puji Tuhan, bahwa cobaan-cobaan adalah hal yang biasa saja, karena Tuhan Yesus akan tolong kita, Dia akan memberikan jalan keluar, karena Dialah Problem Solver bagi kita” (Mzm. 121:1-8).

Ketika mendengar bahwa musuh sudah mendekat, rasa takut itu meng-gelora. Raja Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Inilah rahasia pertama. Kalau kita mau hidup berke-menangan, maka haruslah kita mencari Tuhan. Jangan cari yang lain! Tempatkan Tuhan Yesus pada urutan pertama dalam hidup. Kita akan mengalami peperangan, di mana Allah yang berperang ganti kita (Kel. 14:14).

Mencari Tuhan dengan tekun dan mengalami perjumpaan dengan Tuhan akan membawa kita dalam kemenangan. Kalau Allah bersama kita, siapakah yang akan melawan kita? (Rm. 8:31). Rahasia kedua adalah …mata kami tertuju kepada-Mu (2 Taw. 20:12). Raja Yosafat memiliki sikap hati yang jelas. Matanya tertuju kepada Tuhan. Mata yang tertuju itu mengandung arti kerendahan hati dan penyerahan diri kepada Tuhan. Inilah yang harus kita miliki. Rendah hati merupakan karakter Tuhan Yesus (Mat. 11:29). Harus dicamkan bahwa Allah membenci kesombongan dan tinggi hati. Karena kesombongan adalah titik awal kegagalan atau kehancuran (Yak. 4:6).

Rahasia ketiga adalah adanya kebersamaan, keintiman, dan kesehatian (2 Taw. 20:13). Allah akan memberikan segala perjanjian-Nya kepada orang-orang yang karib dan akrab dengan-Nya (Mzm. 25:14). Sebab itu marilah kita intim dan akrab dengan Tuhan. Dan kita akan mengalami hidup berkemenangan. Amin.

(Pdt. Ir. Jacob Rahmat, MBA)
Penulis adalah Gembala Sidang GBI Yesus Kristus Juruselamat
di Vila Melati Mas Tangerang, Gading Serpong Tangerang
dan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit