18/07/08

Si Kepiting Sirik


Ayub 5:2 - Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati. Matius 23:12 - Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.
Apakah Anda pernah memperhatikan tingkah laku kawanan kepiting yang terjebak dalam sebuah kotak atau wadah? Beberapa diantara mereka akan berusaha memanjat agar bisa keluar dari wadah tersebut. Tetapi jangan harap bahwa kepiting-kepiting lainnya akan membiarkannya terus naik keatas. Dengan capitnya mereka akan menarik temannya agar turun kembali.
Ini merupakan gambaran dari sifat iri hati, yaitu perasaan tidak senang melihat kelebihan, keuntungan atau keberhasilan orang lain. Kata lain yang bisa disamakan dengan kata iri hati ini adalah sirik dan dengki. Karena sifat saling mengiri ini maka semua kepiting diatas mengakhiri hidup mereka dipanci yang sama. Perasaan iri hati tidak akan mendatangkan kebaikan bagi kita.
Firman Tuhan mengatakan bahwa, “Iri hati membusukkan tulang” (Ams 14:30), bahkan didalam ilustrasi kepiting diatas, iri hati membinasakan! Meskipun sifat iri hati ini dapat terjadi dimanapun dan bisa dialami oleh siapa saja, tetapi yang umum terjadi bahwa iri hati berkembang biak dengan cepat ditempat pekerjaan atau dikantor.
Bagaimana perasaan Anda ketika atasan selalu membanggakan teman sekantor sementara Anda sendiri diremehkan padahal anda sudah bersusah payah dan patut mendapatkan penghargaan? Atau sebaliknya anda yang menjadi sasaran iri hati dari rekan sekerja karena Anda mendapatkan promosi dikantor. Pernahkan Anda merasakan dimana teman sekantor melengos dan keluar ruangan ketika anda sedang bersukacita menikmati pujian dan penghargaan dari atasan atas hasil kerja Anda yang bagus?
Ada beberapa cara untuk menghadapi rasa iri dari teman sekerja atau dari diri kita sendiri: Pusatkan perhatian sebagai anggota tim. Betapa sering kita berusaha mendapatkan promosi, kepercayaan dan pujian dari atasan yang membuat kita lupa terhadap teman-teman kita. Tunjukkan perhatian kepada mereka, misalnya dengan memakai kata “kami” dan bukan “saya” ketika sedang rapat. Meskipun anda menjadi bintang dikantor, berilah pujian atas hasil kerja teman-teman Anda. Hal ini akan menciptakan suasana yang lebih nyaman. Tunjukkan rahasia kesuksesan Anda. Hasil kerja yang memuaskan adalah alasan mengapa seseorang bisa mendapatkan promosi dan kepercayaan yang lebih. Jika rekan-rekan Anda mau berusaha, mereka pun mempunyai peluang untuk sukses. Hadapi secara professional.
Keinginan untuk menanggapi secara negatif sifat orang yang iri hanya akan memperparah keadaaan. Tetap lakukan pekerjaan Anda sebaik-baiknya sambil terus mendoakan rekan Anda agar Tuhan mengubahkannya. Percaya pada kasih dan keadilan Tuhan. Setiap orang memiliki berkat masing-masing dan peninggian dari Tuhan pada waktunya, sesuai usaha dan kelayakan setiap orang. Jadi, jangan iri pada berkat dan keberhasilan orang lain. Jika Anda bekerja dengan baik dan setia, Tuhan akan memperhitungkan dan meninggikan Anda pada waktunya (Mat 23:12). DOA: Terangilah hati kami Tuhan sehingga kami tidak membiarkan perasaan iri bertumbuh didalamnya. Terpujilah namaMu, dalam Nama Tuhan Yesus aku memohon. Amin.
KATA-KATA BIJAK: Rasa iri seperti peluru nyasar yang ditembakkan kepada orang lain, tetapi berbalik melukai diri si penembak.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit