09/01/09

Ketika Anda Sulit Memberi

Orang yang tidak mau bermurah hati menghadapi bahaya
Amsal 21: Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru. (ayat 13)

Kelimpahan ada dalam memberi, bukannya menerima
Amsal 11: Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. (ayat 25)

Upah bagi yang murah hati
Matius 10: Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya." (ayat 42)

Yang terpenting bukanlah apa yang Anda berikan, melainkan cara Anda memberikannya
Ulangan 15: Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu. (ayat 10)

Ukuran yang Anda gunakan sewaktu memberi adalah ukuran yang akan digunakan sewaktu Anda menerima
Lukas 6: Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." (ayat 38)

Kasih karunia melimpah bila kemurahan hati melimpah
2 Korintus 9: Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. (ayat 6-8)

Mungkin tidak ada hal yang dapat lebih menunjukkan pengabdian kita kepada Kristus dan pekerjaan-Nya dibandingkan sikap kita terhadap uang. Di dalam Injil, Yesus membicarakan tentang uang lebih daripada pokok pembicaraan yang lain. Mengapa? Karena setiap orang pasti ingin memiliki uang. Yesus juga tahu, jika Dia tidak jelas mengajarkan tentang keterikatan pada uang, murid-murid-Nya tidak mungkin menjadi dewasa nantinya.
Bila membicarakan harta, kita menghadapi masalah yang sulit. Kita dapat mengubah harta menjadi gambaran yang rohani atau harta itu dapat mengubah kita menjadi gambarnya. Harta benda harus diserahkan kepada Allah, jika tidak nantinya kita yang akan menyerah kepada harta benda itu. Beberapa orang Kristen memberikan sepersepuluh dari penghasilan mereka kepada Allah, dan bagi mereka yang penghasilannya sedikit hal ini bukanlah masalah. Tetapi, orang yang memiliki penghasilan yang lebih sebetulnya dapat memberikan lebih banyak daripada sepersepuluh tanpa memberatkan diri mereka maupun keluarga mereka. Seorang pengusaha dengan bijaksana mengatakan: “Semua yang kumiliki kepunyaan Allah dan doaku selalu: ‘Tuhan, berapa dari uang-MU yang boleh kupakai?” inilah prioritas yang benar. Karena semua benda yang sebetulnya tidak kita butuhkan yang kita beli untuk diri kita sendiri, akan menghalangi kita untuk melayani kebutuhan orang lain. Membiarkan Allah mengatur harta milik kita berarti kita lebih mempercayakan diri pada Dia, bukannya pada uang.
Pada zaman ketika kekayaan begitu dipuja-puja, dan keinginan untuk memberi dengan murah hati ditahan, kita harus membiarkan Allah membuka tangan kita yang tergenggam erat dan menjadi murah hati kepada orang lain seperti Dia telah bermurah hati kepada kita. Semua pemberian harus merupakan ungkapan syukur karena apa yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Ya Allah, jadikan aku orang yang lebih murah hati. Ampuni aku ntuk kekikiranku dan berikan kepadaku kerinduan untuk melayani orang lain seperti engkau telah melayani aku. Tolonglah aku untuk tidak menunggu-nunggu, tetapi segera memulainya hari ini. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.


Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit