04/03/13

Puasa 21 Hari

Bacaan Firman Bacalah Daniel 10:1-14 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan renungan:
1. Bagaimana caranya Tuhan dapat mempercayakan kepada Daniel “suatu firman” tentang kesusahan besar? (ayat 1 dan 2).
2. Kapankah doa permintaan Daniel dijawab Tuhan? (ayat 12)

Daniel adalah orang yang luar biasa, penuh dengan hikmat Tuhan dan dapat menafsirkan mimpi raja, serta pernah mengalami mujizat, bahkan tidur dengan singa-singa. Ia menjadi orang yang terpandang dan memiliki kedudukan dalam tiga pemerintahan Babel dan Media Persia. Mengapa Daniel berkabung selama 3 minggu penuh dengan jalan tidak makan makanan yang enak seperti daging dan anggur, padahal ia dapat memilih untuk hidup nyaman di istana, makan makanan enak? Daniel adalah pecinta Allah dan pecinta firman Tuhan. Dia berdoa 3 kali sehari dengan menghadap ke Yerusalem (Daniel 6:12). Ia rajin membaca Firman seperti kitab Yeremia (Daniel 9:1). Apakah Anda pecinta Allah dan pecinta Firman? Tuhan membuka rahasianya pada Daniel bahwa pembuangan akan berakhir setelah mencapai 70 tahun (Yeremia 25:11). Sekalipun Daniel percaya janji Tuhan, ia tetap “berniat untuk mendapat pengertian dan merendahkan diri di hadapan Tuhan” (ayat 12). Ia mengambil waktu untuk berkabung yang sering kita sebut puasa Daniel, tidak makan daging atau makanan enak. Apa respon Tuhan terhadap puasa dari Daniel? Tuhan mengikirimkan Malaikat Gabriel untuk membawa jawaban terhadap doa Daniel. Gabriel berkata, "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan
perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu.“ (Daniel 10:12). Malaikat Gabriel membawa kabar dari Tuhan kepada Daniel pada hari ke 21 saat ia berpuasa, yaitu tanggal 24 bulan pertama. Jadi Daniel mulai berpuasa tanggal 4. Mengapa butuh 21 hari untuk jawaban Tuhan tiba pada Daniel? Ternyata Gabriel dihalangi oleh pemimpin kerajaan Persia, sehingga mereka bertempur selama 21 hari sampai Mikhael datang membantu Gabriel untuk berperang (ayat 13). Ini bukanlah peperangan secara fisik, tetapi peperangan rohani, di alam roh. Raja-raja orang Persia adalah penguasa di udara yaitu setan yang mengontrol pemerintahan kerajaan Persia di bumi. Ternyata doa kita bisa terhalang, tetapi dengan berpuasa, maka jawaban doa bisa sampai ke kita. Hari ini adalah hari pertama kita memulai puasa 21 hari. Apakah Anda mau terlibat dalam peperangan rohani, sehingga banyak jawaban doa dari Tuhan sampai ke Anda? Selain puasa Daniel, Anda bisa berpuasa dengan tidak makan dan tidak minum atau tidak makan dan tetap minum. Anda bisa sesuaikan dengan kondisi Anda. Puasa bisa dimulai dengan makan terakhir pada malam hari dan besok sore sudah bisa dibuka. Puasa dapat menentukan kemenangan Anda di udara.

Praktek
Ambillah komitmen untuk berpuasa mulai hari ini. Evaluasi hidup Anda untuk berkenan kepada Tuhan di dalam doa puasa ini.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit