05/03/13

Paskah: Permulaan Baru di Mesir

Bacaan Firman Bacalah Keluaran 12:1-2 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Kepada Siapakah Tuhan berfirman?
2. Apa isi Firman Tuhan itu?

Israel sudah berada dibawah perbudakan Mesir (Dunia) dan Firaun (kuasa setan) selama 430 tahun. Merekapun sudah lama tidak memiliki harapan untuk dapat mengalami perubahan hidup. Mereka berada pada bulan ke-7 dalam kalender biasa, lalu tiba-tiba Tuhan mengubah segala sesuatu, dimana bulan ke-7 akan menjadi bulan pertama, yaitu bulan Paskah. Bangsa Israel akan mengalami suatu perubahan, sebuah permulaan baru. Dunia mereka selama 430 tahun akan diputarbalikkan dan mereka akan merdeka. Apakah kita pernah merasa keadaan seperti itu? Bertanya kepada diri kita: Apa sungguh aku bisa dilepaskan dari perbudakan dunia dan dosa? Lalu bagaimanakah caranya? Siapa akan memerdekakan saya? Apakah kita pernah berada dalam “perbudakan rohani” dan terikat pada kuasa dunia?
Apakah kita pernah memiliki keinginan untuk berubah namun merasa tak berdaya? Bahkan mungkin kita sudah berusaha berulang kali ingin untuk dilepaskan tetapi tiap kali itu pula kita gagal dan malah merasa lebih terikat. Setiap kali Israel berusaha dibebaskan, penderitaan mereka ditingkatkan. Itulah keadaan bangsa Israel sebelum jaman Musa. Namun sekarang Tuhan berfirman – akan ada Paskah! Sudah lama suara Tuhan tak terdengar. Betapa sunyi tanpa suara-Nya! Betapa tak berdaya tanpa Firman-Nya. Tetapi sekarang ada Firman! Sekarang ada harapan! Sekarang akan ada Paskah. Sekarang Tuhan berkata akan ada permulaan baru. Dapatkah kita percaya kemerdekaan kita sudah datang?

Praktek
Renungkan keadaan hidup kita sebelum dan sesudah mengenal Yesus. Apa kita mengalami permulaan baru? Bersyukurlah kepada Tuhan atas kemerdekaan yang Dia berikan. Saksikan kepada seorang lain bahwa mereka juga dapat mengalami suatu permulaan baru dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit