03/12/11

OIKODOMEO

Bacaan Firman :

Bacalah 1 Korintus 14:12, 26 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan :
1. Untuk apa seharusnya karunia-karunia Roh yang kita usahakan dipergunakan? (ayat 12).
2. Bilamana kita berkumpul di dalam pertemuan jemaat, apakah yang harus dilakukan oleh tiap-tiap orang? (ayat 14).
“How is it then, brethren? Whenever you come together, each of you has a psalm, has a teaching, has a tongue, has a revelation, has an interpretation. Let all things be done for edification,”(1 Corinthians 14:26). Dalam 1 Korintus 14:26 terjemahan bahasa Inggris (NKJV), dikatakan bahwa tiap-tiap orang harus mempersembahkan: mazmur, pengajaran, dan penyataan Roh (karunia-karunia Roh). Namun, semua itu haruslah dipergunakan untuk membangun jemaat (rumah Tuhan).
Kata “membangun” dalam bahasa Yunani adalah “oikodomeo” yang berarti membangun rumah (keluarga). Jadi, rumah Tuhan haruslah dibangun oleh setiap anggota rumah Tuhan di setiap pertemuannya. Ternyata, rumah Tuhan walau sudah terkumpul bahan-bahan bangunannya, tapi belum dibangun sampai mencapai kepenuhannya. Oleh sebab itu, maka tujuan dari setiap pertemuan jemaat bukanlah untuk menikmati berkat-berkat atau menikmati kegiatan (tontonan) tertentu, tetapi adalah sebagai ajang pembangunan rumah Tuhan.
Ketika setiap orang menjadi pembangun-pembangun rumah Tuhan, maka rumah Tuhan terbentuk dan Allah akan senang serta betah untuk tinggal di dalamnya. Marilah kita senantiasa membangun rumah Tuhan di dalam maupun di luar pertemuan-pertemuan jemaat. Banyak orang Kristen yang belum bertobat dari gaya hidup yang berpusatkan diri sendiri. Akibatnya, mereka tidak menjadi pembangun-pembangun rumah Tuhan, tetapi merusak rumah Tuhan. Ingat, hanya ada 2 pilihan gaya hidup. Apakah kita menjadi pembangun rumah Tuhan atau perusak rumah Tuhan. Pilihan ada di tangan Anda. Apabila kita membiarkan ego kita yang bekerja, maka kita hidup dalam kedagingan, dan kita menjadi perusak rumah Tuhan (Galatia 5:19-21; 15, 26). Tapi, bila kita membiarkan Kristus yang bekerja di dalam dan melalui kita, maka kita menjadi orang-orang yang berbuah Roh, yang menjadi pembangun-pembangun rumah Tuhan. (Galatia 5:22-25).

Renungan Firman :
Secara pribadi, apakah Anda lebih sering hidup untuk diri sendiri atau hidup untuk membangun rumah Tuhan?

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit