10/08/09

Bersyukurlah Kepada Tuhan

Bersyukur, perintah yang kadang kala kita sering enggan untuk melakukannya. Bersyukur, saat menerima atau mendapat sesuatu pasti kita dengan mudah bisa melakukannya, Bersyukur, saat kita diberkati Tuhan pastilah ucapan syukur mengalir dari lidah bibir kita. Bahkan kadang kita diberkati pun kita lupa atau malas untuk mengucap syukur kepada Tuhan kita. Bersyukur, bagi yang menderita sengsara, hidup dalam kemiskinan, bisnis yang bangkrut, kehilangan keluarga, bersyukur sangatlah sulit dilakukan, tetapi percayalah, bahwa saat kita bersyukur senantiasa, artinya dalam segala hal kita mau bersyukur, maka kasih karunia Tuhan akan turun kepada kita.

Roma 14:6 Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah.

Apa sih arti bersyukur?

1. Bersyukur adalah menyentuh hati Tuhan.
Tuhan sangat senang kalau semua manusia selalu mengucap syukur, saat kita bersyukur ternyata hati Tuhan tersentuh untuk memberkati anak anakNya yang sangat dikasihiNya. Apa bukti Tuhan mengasihi kita? Tuhan memberikan kita hidup yang kekal. Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Contoh dalam alkitab yang selalu mengucap
syukur adalah Raja Daud (Dalam Kitab Mazmur, begitu banyak Daud mengucap syukur kepada Tuhan, sehingga Daud sangat diberkati Tuhan) begitu juga dengan Tuhan Yesus yang mau mengucap syukur kepada BapaNya yang di sorga.
Contoh Tuhan Yesus mengucap syukur bisa kita lihat saat Tuhan memberi makan 5000 orang lebih. Yohanes 6:11 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.
Saat Tuhan memberi makan 4000 orang lebih Markus 8:6 Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak.
Saat Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus Yohanes 11:41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.

Daud berkenan kepada Allah karena Daud selalu bersyukur kepada Allah, bahkan setiap pagi Daud selalu mengucap syukur. Demikian juga dengan kita, kalau kita bersyukur, kita juga berkenan kepada Allah.

2. Bersyukur adalah mengakui bahwa Tuhan itu dashyat, baik, luar biasa.
Saat bersyukur dengan sepenuh hati, kita mengakui bahwa Tuhan itu baik, luar biasa kasih setiaNya, perbuatan tanganNya yang begitu ajaib.

I Tawarikh 16:34 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Mazmur 106:1 Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.


3. Bersyukur adalah menghargai kasih Tuhan.
Apa yang kita terima dan kita nikmati adalah hasil karya Tuhan, apabila kita selalu bersyukur dengan keadaan kita dalam segala hal, maka kita menghargai hasil karya Tuhan kepada kita. Tuhan menciptakan begitu banyak kebaikan dalam kehidupan kita, bahkan yang kecil pun Tuhan memberikan buat kita. Hal hal yang mungkin tidak kita pikirkan, yang tidak pernah kita bayangkan, Tuhan sudah ciptakan untuk kita semua.
4. Bersyukur adalah membuka akses kepada Tuhan.
Saat kita bersyukur, kita dapat membuka akses kepada Tuhan untuk memberikan kuasa bahkan berkat yang melimpah kepada kita. Tuhan akan memberi dari apa yang ada pada kita, artinya berkat Tuhan ada pada apa yang kita miliki, baik itu kepandaian kita, talenta kita, bahkan barang barang yang ada pada kita, Tuhan sanggup melipat gandakannya.


Lalu mengapa kita sulit untuk mengucap syukur?

1. Karena kita kurang percaya ( Khawatir )
Jangan khawatir akan hidup kita, karena kita harus percaya bahwa Tuhan kita akan memelihara kita, lihat burung di udara yang tidak menabur dan tidak menuai, tetapi bisa hidup setiap hari. Lihat bunga di taman, bunga yang menghias adalah Tuhan, maukah kita di hias atau di dandani oleh Tuhan? Kalau Tuhan yang mendandani kita pasti akan kekal.

2. Karena hidup kita tidak mengandalkan Tuhan
Kita harus mengandalkan Tuhan karena Dialah pencipta langit dan bumi, jangan mengandalkan manusia dalam hidup kita karena kita akan kecewa kepadanya bahkan mengalami kepahitan.

Yeremia 17:5 Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kasihNya yang selalu baru setiap hari, Kasih Tuhan begitu nyata dalam kehidupan kita selama ini,


Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit