11/08/08

Fokus Komsel

Di dalam kehidupan berkomsel, para pemelihara kelompok sel (PKS) perlu mengetahui apa yang menjadi tujuan/sasaran mereka berkomsel. Para PKS harus tahu fokusnya.

Banyak komsel yang stagnasi bahkan gagal karena tidak tahunya tujuan/fokus dalam berkomsel. Ketika ditanya: mengapa kita harus komsel? Apa tujuannya?; banyak yang tidak dapat memberi jawaban yang pasti bahkan tidak mengerti sama sekali mengapa saya ikut komsel. Ini sangat berbahaya. Oleh sebab itu perlu sekali untuk memahami akan fokus yang sebenarnya dalam kita berkomsel sehingga komsel dapat terus berkembang dan bermultiplikasi. Jadi, apapun yang kita lakukan dalam komsel harus ditujukan kepada fokus/sasaran yang ingin dicapai. Jangan sekali-kali keluar dari fokus.

Fokus komsel : Amanat Agung (Mat 28:19-20), yaitu membangun Rumah Tuhan dengan pilar-pilar yang kokoh (Kis 14:21-23).

Fokus komsel ini dapat dijabarkan menjadi 4 P, yakni:
Penjangkauan Jiwa/Penginjilan
Pemuridan
Penggembalaan/Pemeliharaan
Praktek Karunia Roh

A. Penjangkauan Jiwa

Ada 2 hal yang kita lakukan dalam komsel yakni:
1
Ke dalam, saling membangun.
2
Ke luar, menjangkau jiwa.

Ingat, segala sesuatu yang kita lakukan tujuannya untuk membawa mereka mendapatkan keselamatan kekal, yakni membawa mereka kepada Kristus. Penjangkauan tidak berbicara penginjilan yang biasa dilakukan oleh para penginjil dengan 4 hukum rohaninya. Penginjilan ialah menularkan kehidupan Allah kepada orang-orang yang belum percaya. Komsel harus dapat menularkan gaya hidup Allah kepada orang-orang belum percaya. Gaya hidup Allah ialah Kasih, Kuasa dan Kebenaran. Jadi, komsel harus dapat menularkan kasih, kuasa dan kebenaran Allah kepada orang-orang luar.

Ada 4 pondasi bagi pilar penjangkauan jiwa, yakni:


Visulisasi. Bawalah orang-orang yang akan dijangkau dalam khayalan/meditasi Anda. Bayangkan jiwa ini perlu keselamatan. Bayangkan bahwa jiwa ini perlu Tuhan.

Bersyafaatlah bagi jiwa yang terhilang tersebut. Bawalah jiwa tersebut kehadapan Allah dalam syafaat Anda. Berdirilah atas dosa mereka dan mintalah pengampunan dari Tuhan. Katakan kepada Tuhan bahwa jiwa tersebut adalah milik Tuhan dan bukan milik iblis lagi. Proklamirkan bahwa jiwa tersebut sudah diselamatkan dalan nama Yesus Tuhan.



Membangun asosiasi kepada jiwa yang terhilang tersebut. Bangunlah terus relasi dan komunikasi. Bangunlah persahabatan yang akrab bagi jiwa tersebut.

Kesaksian KeTuhanan Yesus dari diri Anda. Biarlah melalui kehidupan Anda dan kesaksian hidup Anda dalam Tuhan menjadi alat ampuh untuk membawa mereka kepada Kristus.


B. Pemuridan.

Pemuridan dilakukan untuk mendewasan jiwa yang sudah diselamatkan dan untuk setiap anggota sel (Kol 2:6-7). Ada 2 hal utama yang harus kita perhatikan dan lakukan dalam mendewasakan jiwa/anggota sel:
1
Jiwa/anggota sel tersebut harus mengalami kelahiran baru dalam Roh. Ia harus dibimbing untuk mengalami pelepasan akan roh-roh jahat, lalu dibimbing untuk menerima baptisan/kepenuhan Roh Kudus. Bisa diajak untuk ikut Seminar Hidup Baru Dalam Roh.
2
Ikut pemuridan/pelajaran Alkitab agar imannya semakin kuat dan berakar.

C. Penggembalaan/Pemeliharaan

Pemeliharaan jiwa dilakukan dengan menggabungkannya dalam komsel. Kehidupan komsel yang sejati harus dialami oleh jiwa baru ini. Bagi Pemelihara Kelompok sel (PKS), agenda sel harus menjadi bahan perhatian dalam rangka pemeliharaan ini. Ulasan lengkap dapat dibaca pada bagian Agenda Sel.

Lebih dari sebagai pemimpin dan manajer, seorang PKS harus dapat menjadi gembala bagi anggota-anggotanya.Porsi seorang PKS sebagai gembala ialah yang paling besar dari porsinya sebagai pemimpin dan manajer.

D. Praktek Karunia Roh

Setiap anggota sel harus dipacu untuk mengembangkan karunia-karunia yang dimilikinya. Baik itu menyanyi, memimpin, mengajar, musik, bahasa roh, nubutan dan lain sebagainya. Mereka harus dilibatkan dalam pelayanan di gereja. Mereka harus didukung dalam membangun kasih persaudaraan, didukung dalam menjangkau jiwa, dan didukung menjadi pemelihara kelompok sel (PKS) yang baru.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit