09/04/15

Kasih Agape Sebagai Perekat Kasih Storge

TODAY'S MANNA FROM HEAVEN
"Kasih Agape Sebagai Perekat Kasih Storge"
Roma 12:10"Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat."

Konsep kasih yang kedua dari bahasa Yunani yang bisa kita pelajari adalah kasih Storge, YAITU KASIH PERSAUDARAAN KARENA HUBUNGAN DARAH, seperti kakak dengan adik, atau orang tua dan anak-anak, atau bisa juga antara suami istri yang memilki hubungan yang harmonis diantara keduanya. Walaupun suami istri secara natural tidak memiliki hubungan darah, namun saat seorang laki-laki bersatu dengan istrinya mereka menjadi satu daging dan hubungan darah terjadi. 

Kasih storge dalam PB hanya ditulis dalam ayat diatas, itupun tidak secara langsung dan berdiri sendiri, namun sebagai satu kelompok kata dengan Phileo. Dalam ayat diatas, kata "MENGASIHI" diambil dari bahasa Yunani "PHILOSTORGOS" yang merupakan penggabungan antara "Philos" (yang merupakan kata benda dari "Phileo") dan storge. Dengan demikian kasih storge dan Phileo memilki hubungan yang sangat erat, sehingga Salomo berkata, "ada sahabat yang lebih karib daripada seorang saudara" (Amsal 18:24). 

Pada intinya kasih storge adalah kasih yang diberikan Tuhan kepada manusia karena hubungan darah yang dimiliki. Kita bisa melihat banyak sekali contoh-contoh di alkitab mengenai kasih ini, seperti Ribka dengan Yakub, Maria dengan Yesus, atau Persaudaraan diantara 12 anak Yakub. Kasih storge sangat rapuh bila tidak didasari oleh kasih Agape. Kita sering melihat banyak sekali contoh-contoh disekeliling kita dimana seorang ayah tidak berbicara lagi dengan anak laki-lakinya untuk waktu yang lama, demikian juga kakak beradik sering bermusuhan dalam waktu yang lama dengan berbagai alasan, dan tentunya masih banyak contoh-contoh yang lain. 

Dengan demikian sekalipun kita memiliki hubungan darah tidak menjamin kita bisa saling mengasihi. Karena itu HANYA DENGAN KASIH AGAPE-LAH KITA DIMAMPUKAN UNTUK BISA MENGASIHI TANPA BATAS ANTARA SESAMA ANGGOTA KELUARGA. 

Amen! 
Have a blessed day dan JBU

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit