01/09/12

Yosua memulai dan mengakhirinya dalam kesetiaan

Bacaan Firman : Bacalah Yosua 24:1-28 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa permintaan Yosua kepada seluruh orang-orang Israel? (14).
2. Bagaimanakah Yosua mengungkapkan kesetiaan dari dalam hatinya? (ayat 15c).

Memulai sesuatu di dalam hidup adalah tindakan yang luar biasa. Tetapi, mengakhiri dengan baik apa yang telah dimulai adalah hal yang lain. Kita bisa saja memulai dengan bagus, tapi mengakhirinya dengan tidak bagus. Sebab, untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai membutuhkan sikap hati yang setia. Itulah sebabnya Salomo berkata, “Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?”(Amsal 22:6). Dalam bacaan hari ini, kita melihat bahwa Yosua membuktikan diri sebagai orang yang setia. Ia menjadi abdi Musa sejak masa mudanya dan mengakhiri dengan keputusan yang brilian. Ia berkata, “Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"(ayat 15c). Apa rahasia Yosua untuk tetap setia? Jawabannya adalah firman Tuhan. Nama Yosua muncul dalam Keluaran 17, dimana nabi Musa mengubah namanya dari Hosea menjadi Yosua. Ia memimpin pasukan Israel melawan orang-orang Amalek. Tuhan berfirman pada Musa, "Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit,"(ayat 14). Firman itu yang terus-menerus diingatkan ke telinga Yosua. Yosua ikut bersama Musa ketika Musa naik ke Gunung Sinai untuk menerima 10 perintah Allah. Yosua melihat, “TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu,”(Keluaran 33:11). Peng
alaman Yosua inilah yang membuat hatinya tetap setia kepada Tuhan sampai akhir. Bagaimana dengan kita? Rindukah kita membangun hidup kita seperti Yosua? Mari, buatlah komitmen untuk tetap setia. Praktek Setelah membaca renungan ini, apa keputusan Anda? Masihkah ada hal-hal yang membuat Anda sulit untuk setia kepada Tuhan? Mulailah setia dengan membaca Firman Tuhan setiap hari.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit