01/09/08

K e j u j u r a n

Kita memperingati hari jadi Abraham Lincoln setiap tahunnya karena Lincoln adalah salah satu dari sedikit orang hebat yang benar-benar hebat. Sebelum beliau menjadi presiden, Lincoln menghabiskan 20 tahun hidupnya sebagai pengacara yang kurang berhasil di Illinois – setidaknya kurang sukses untuk masalah keuangannya. Tetapi, kalau kita melihat kesukesan tersebut dari sudut kebaikan yang beliau lakukan, maka beliau amatlah kaya. Legenda kadang bukan kebenaran, tetapi untuk Lincoln, legenda tentang beliau adalah benar. George Washington (salah satu presiden USA juga), mungkin tidak pernah menebang roboh pohon Cherry, tetapi Abraham Lincoln tidak diragukan lagi kejujurannya. Selama beliau berkarir sebagai pengacara, terdapat banyak bukti yang terdokumentasi dengan baik tentang contoh dari kejujuran dan kepantasan yang beliau perbuat.

Sebagai contoh, Lincoln tidak suka memungut biaya dari orang-orang yang kurang mampu. Suatu waktu, seorang kliennya mengirim US$ 25.00, tetapi oleh Lincoln dikembalikan US$ 10.00, dengan catatan bahwa kliennya sudah memberi terlalu banyak. Beliau dikenal seringkali membujuk kliennya untuk menyelesaikan masalah di luar pengadilan, menghemat kliennya sejumlah biaya, dan tidak menghasilkan apa-apa untuk dirinya sendiri.

Seorang wanita yang miskin, janda dari serdadu perang revolusioner, dikenai biaya US$ 200.00 untuk mendapatkan pensiunnya yang hanya sebesar US$ 400.00. Lincoln menuntut agen dana pensiun dan memenangkan perkara tersebut. Beliau tidak mengenakan biaya apa pun pada wanita ini, bahkan beliau membayarkan biaya hotel dan memberikan ongkos pulang!

Beliau dan rekannya sekali waktu menghalangi pria tidak baik yang mencoba untuk mengambil tanah yang dimiliki oleh seorang gadis yang tidak sehat mentalnya. Perkara tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 15 menit. Rekanan Lincoln datang untuk membagi biaya perkara, tetapi Lincoln menolak pembagian tersebut. Rekanannya berdalih bahwa saudara lelaki gadis tersebut telah menyetujui akan adanya pembayaran sebelum perkara dimulai, dan saudara lelaki tersebut menyatakan sangat puas dengan hasilnya. "Mungkin begitu," kata Lincoln, "tetapi saya tidak puas. Uang tersebut datang dari kantong gadis miskin yang tidak sehat jiwanya; dan saya lebih memilih kelaparan daripada mengambil keuntungan dari gadis tersebut. Kamu kembalikanlah setidaknya setengah dari uang tersebut, atau saya tidak akan mengambil satu sen pun sebagai pembayaran saya."

Kejujuran membuatmu merasa baik tentang dirimu sendiri dan menghasilkan kepercayaan dari orang lain. Kejujuran meningkatkan kepercayaan pada dirimu sendiri dan orang lain. Pada zaman sekarang, orang sudah banyak tidak menerapkan tentang keuntungan dari kejujuran dan kepantasan, tetapi sebenarnya keuntungan dari kejujuran ini tetaplah ada, hal tersebut tetap berharga dan layak dilakukan.

Lincoln tidak banyak membicarakan tentang agama yang beliau anut, tidak juga pada teman-teman terdekat beliau, dan beliau tidak mengikuti salah satu gereja yang ada. Tetapi beliau pernah mengatakan pada temannya bahwa kepercayaan yang dia anut, sama seperti seorang sesepuh yang beliau kenal di Indiana, yang berkata, "Bila saya melakukan sesuatu yang baik, saya merasa baik, dan apabila saya melakukan hal yang jahat, saya merasa jahat, dan itulah kepercayaan saya."

Kejujuran. Mungkin sudah basi, tetapi itu adalah semangat yang tetap menjaga kebaikan di dunia ini, dan akan selalu demikian.

Berbuatlah kejujuran yang baik untuk dunia ini.

Tidak ada komentar:








INFO
KomSel





Komsel Setiap Hari Jumat Jam 20:00 WIB Tuhan Yesus Memberkati.

Semua Materi Bahan Sate diambil dari www.abbalove.org



ABBALOVE SERPONG
Ruko Jasmine Blok HA/1 No.2-6 Gading Serpong







God Bless You.

Daftar Blog Favorit